Menunggu Mesir di Bawah Presiden Morsi


Para pendukung Mohamed Morsi
Jalurmaya.blogspot.com - Komisi Pemilihan Mesir mengumumkan kemenangan Mohamed Morsi dalam pemilihan presiden. Morsi yang diusung kelompok Ikhwanul Muslimin akan memimpin Mesir ke depan setelah penggulingan Husni Mubarak.

Laman Aljazeera melaporkan, Morsi mendapat 13,2 juta suara dari sekitar 26 juta pemilih. Dia memperoleh 51 persen suara pemilih. Sementara itu, pesaingnya, Ahmed Shafik, yang juga perdana menteri terakhir era Husni Mubarak, memperoleh 12,3 juta suara. Sekitar 800 suara dinyatakan tidak sah.

Dalam pidato kemenangannya, Morsi menyatakan terima kasih untuk rakyat Mesir. Dia berjanji segera bekerja dan mengembalikan hak-hak rakyat Mesir.

"Saya tidak punya hak, saya hanya punya tanggung jawab," kata Morsi. "Jika saya memenuhinya, jangan patuhi saya."

Morsi juga membuka tangannya untuk kalangan tentara, polisi, dan intelijen Mesir. Dia berterima kasih kepada mereka atas tugasnya melindungi negeri. Morsi juga berjanji akan tetap memberi peran kalangan militer.
Dia menegaskan bahwa pemerintahannya akan inklusif, terbuka terhadap kelompok lain. Morsi juga akan merangkul pemilih Kristen dan sekuler.

Kemenangan Morsi ini juga dirayakan oleh ribuan pendukungnya di Lapangan Tahrir. Mohamed Hussein Tantawi yang merupakan pemimpin militer Mesir memberi selamat untuk kemenangan Morsi itu.
Ucapan selamat juga datang dari luar negeri. Pemerintah Turki, Uni Emirat Arab, dan otoritas Palestina tak ketinggalan memberikan selamat untuk pemimpin baru Mesir tersebut. (art)


Silahkan Tinggalkan Komentar :