BIN Ungkap Motif Aksi Teror OPM di Papua


Kerusuhan di Lany Jaya, Papua (Banjir Ambarita, Papua)
Jalurmaya.blogspot.com - Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Letjen TNI Marciano Norman membeberkan motif kelompok bersenjata melancarkan berbagai aksi teror di Papua, belakangan ini. Marciano mengatakan BIN mendapati indikasi yang kuat bahwa kelompok bersenjata yang sebelumnya bergerak di gunung kini telah masuk ke kota dan menggabungkan kekuatan mereka untuk meneror warga.

Tujuan aksi teror itu, masih kata Marciano, adalah untuk menarik perhatian dunia internasional. Hal ini terkait dengan banyaknya jurnalis asing yang meliput peristiwa ini.

"Mereka ingin mendapatkan perhatian dunia melalui jurnalis asing yang akan memberitakan peristiwa-peristiwa itu," kata Marciano di Jakarta, Senin 11 Juni 2012.

Marciano menjelaskan kelompok OPM kini bergabung dengan kelompok-kelompok tertentu di perkotaan yang menuntut kemerdekaan Papua.

"Banyak orang kota yang menginginkan merdeka. Ada beberapa orang yang selalu mempublikasikan diri mereka dan selalu muncul dalam beberapa event. Mereka linked up melancarkan teror di dalam kota," kata dia.

Kelompok di perkotaan ini, kata Marciano, adalah orang-orang yang memperjuangkan kemerdekaan Papua melalui jalur Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).
Sumber : http://nasional.vivanews.com/news/read/323817-bin-ungkap-motif-teror-di-papua


Silahkan Tinggalkan Komentar :