Status Endang Saat Meninggal: Mantan Menkes


Endang Rahayu Sedyaningsih tutup usia.


Jalurmaya.blogspot.com- Sejak menyatakan pengunduran dirinya di depan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Kamis, 26 April 2012, Endang Rahayu bukan lagi Menteri Kesehatan.

Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha mengungkapkan, status Endang saat meninggal dunia hari ini sudah mantan Menkes. Sebab, pengajuan pengunduran diri telah diterima presiden dan administrasinya telah diproses.

"Berhubung Ibu Endang mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Menkes dan pengunduran diri itu telah diterima oleh Bapak Presiden jadi saat ini Ibu Endang statusnya telah mantan Menkes," ujarnya Rabu 2 Mei 2012.

Meski demikian, Julian memastikan, Presiden SBY akan bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman Endang Rahayu Sedyaningsih. "Pak Presiden berkenan untuk memimpin upacara pemakaman dan menjadi inspektur upacara," kata Julian, Selasa 2 Mei 2012. Informasinya, presiden akan melayat malam ini di rumah duka.

Sebelumnya, pengunduran diri Endang disampaikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, usai menjenguk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

"Ibu Endang memang beberapa saat yang lalu telah secara resmi memintakan pengunduran diri Beliau kepada saya. Tujuannya semata-mata supaya berkonsentrasi untuk pengobatan, dan dengan demikian Kementerian Kesehatan tidak terbengkalai," kata SBY. Untuk sementara, pekerjaan sehari-hari Menkes akan dilaksanakan oleh Wakil Menteri Kesehatan.

Setelah sempat kritis, Menteri Kesehatan nonaktif Endang Rahayu Sedyaningsih dinyatakan meninggal pada pukul 11.50 Waktu Indonesia Barat. Ia menghembuskan nafas terakhir setelah berjuang 1,5 tahun melawan kanker.
Sumber : http://nasional.vivanews.com


Silahkan Tinggalkan Komentar :