Empat Juta Uang Logam Palsu di Inggris Disita


Uang logam 1 pound sterling (Reuters/Toby Melville)
Jalurmaya.blogspot.com - Kepolisian Inggris berhasil menggagalkan pengiriman lebih dari empat juta keping uang logam palsu pecahan satu pound sterling, Kamis 24 Mei 2012. Kasus logam palsu ini adalah yang terbesar yang pernah dibongkar kepolisian Scotland Yard.

Diberitakan Telegraph, jutaan keping logam palsu tersebut ditemukan terpisah di Enfield, Hertfordshire dan Essex. Polisi mencatat, jumlah logam palsu yang ditemukan sebanyak 4.107.000 keping.

Sebanyak empat juta keping di antaranya masih logam kosong, belum dicetak bentuk uang. Sedangkan, 107.000 sisanya sudah sempurna dan siap diedarkan.

Tiga tersangka telah ditahan karena diduga terlibat kasus tersebut. Tersangka yang masing-masing berusia 52, 43, dan 27 tahun ini ditahan di London Utara, dan didakwa atas kejahatan pemalsuan uang, pencucian uang, dan penipuan.

"Terbongkarnya kasus ini akan memberikan dampak yang signifikan bagi jaringan di belakangnya. Para pelaku mencoba meremehkan sistem keuangan Inggris dengan memalsukan mata uang dalam skala industri," kata Inspektur Polisi Bruce South.

Saat ini di Inggris tersebar 1,5 juta pound sterling uang logam. Diperkirakan, sekitar tiga persen di antaranya adalah uang palsu. Logam sering dipalsukan di negara ini karena sulit untuk dibedakan, antara yang asli dan yang tiruan.
Sumber : http://dunia.vivanews.com/news/read/316987-empat-juta-uang-logam-palsu-disita-di-inggris


Silahkan Tinggalkan Komentar :