2 Orang Bakar Diri, Ibu Kota Tibet Mencekam


Situasi Kota Lhasa mencekam, menyusul aksi bakar diri (REUTERS/ Students For A Free Tibet via Reuters TV)
Jalurmaya.blogspot.com - Ketika aspirasi tak didengar dan protes tak digubris, dua warga Tibet melakukan tindakan nekat, membakar dirinya sendiri. Minggu 27 Mei 2012, di pusat Kota Lhasa, ibu kota Tibet, mereka menyulut api yang langsung membakar tubuh. Memprotes kekuasaan China.

Aksi ini dilakukan di Jalan Pargor atau Barkhor, di wilayah paling sibuk Lhasa, yang berdekatan dengan Kuil Jokhang. Jalan itu biasanya dipadati para turis atau peziarah.

Dua menit kemudian, polisi datang dan berusaha memadamkan api. Namun terlambat. Satu orang tewas dan lainnya luka bakar parah, meski masih bisa bicara.

"Ini adalah kelanjutan dari aksi bakar diri (self-immolations) yang sebelumnya dilakukan di sejumlah wilayah Tibet. Mereka bertujuan memisahkan Tibet dari China," kata Kepala Komisi Politik dan Hukum Partai Komunis China kepada Xinhua, yang dimuat Reuters Senin 28 Mei 2012.

Setidaknya 34 warga Tibet bakar diri sejak Maret 2011 lalu, dalam upaya memprotes enam dekade kekuasaan China atas Tibet. Sudah 24 nyawa melayang. Demikian menurut organiasi hak asasi manusia Tibet.

Dari kaca mata China, para pembakar diri adalah "teroris", kriminal. Pemerintah Beijing juga menuding pemimpim spiritual Tibet, Dalai Lama sebagai penghasut.

Dalai Lama, yang mengungsi ke India pada tahun 1959 setelah pemberontakan melawan China gagal, bahkan diberi cap separatis. Meski Dalai Lama mengatakan, yang ia inginkan adalan otonomi bagi wilayah di pegunungan Himalaya itu.

Robbie Barnett, ahli Tibet dari Columbia University New York mengatakan, kabar aksi bakar diri itu sampai di telinganya dari seseorang di Lhasa. Pelapor menggambarkan suasana kota kala itu bak "mendidih".

"Bagi pemerintah China, aksi ini menyebabkan implikasi serius. Juga menegaskan, bahwa gerakan serupa telah menyebar di kalangan orang Tibet," kata Barnett kepada Reuters. Sebaliknya, "China akan membalas dengan memperketat kontrol."

Hingga saat ini belum ada tanggapan dari pemerintah lokal di Tibet atau Lhasa. Penyiar Radio Free Asia menggambarkan kota Lhasa "penuh dengan polisi dan kekuatan paramiliter. Situasi sangat tegang."

Sementara di China, kata "Kuil Jokhang" telah diblokir dari situs mikroblog, Weibo sejak hari ini.
Sumber : http://dunia.vivanews.com/news/read/317801-2-orang-bakar-diri--ibu-kota-tibet-mencekam


Silahkan Tinggalkan Komentar :