Pengebom Kapal Induk AS Tewas


USS Cole dibom pada tahun 2000 di Yaman (reuters dan foxnews.com)
Jalurmaya.blogspot.com - Seorang pemimpin jaringan Al-Qaeda di Yaman, Fahd al-Quso, tewas dalam sebuah serangan udara. Dia adalah buronan pemerintah Amerika Serikat karena terkait pemboman kapal induk AS, USS Cole, pada tahun 2000 silam.
USS Cole diserang pada Oktober 2000 di pangkalan Aden, Yaman. Sejumlah militan yang menumpang perahu meledakkan bagian lambung kapal induk itu, sehingga berlubang di bagian sisinya. Sebanyak 17 pelaut AS tewas, 40 lainnya terluka.
Laman BBC, 6 Mei 2012 melaporkan, pemimpin suku di timur Yaman mengatakan Fahd al-Quso tewas setelah ditembak dengan dua rudal oleh pesawat mata-mata. Kematiannya juga telah dikonfirmasi oleh pimpinan Al Qaeda dan Kedutaan Besar Yaman di AS.
Pemerinta AS sebelumnya menyediakan hadiah bagi siapa saja yang memberikan informasi terkait keberadaan Fahd al-Quso. AS menawarkan US$5 juta untuk informasi itu.
AS menyambut gembira tewasnya senior jaringan Al-Qaeda ini. AS mensinyalir al-Quso telah merencanakan penyerangan lagi pada fasilitas Yaman dan AS.  (umi)

Sumber :  http://dunia.vivanews.com/news/read/311194-pengebom-kapal-induk-as-tewas


Silahkan Tinggalkan Komentar :