Gunung Lokon Meletus Lagi


Gunung Lokon kembali meletus

Jalurmaya.blogspot.com – Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, meletus lagi Selasa 1 April 2012 pukul 11.55 WITA. Letusan Lokon kali ini lebih besar ketimbang letusan pada 25 Mei 2012. Asap hitam membumbung tinggi dengan ketebalan mencapai 2.500 meter.

Sebelum meletus, Lokon memang telah menunjukkan peningkatan aktivitas dengan terjadinya gempa vulkanik dangkal sekitar 2-3 gempa dalam 2 menit saja. Gempa vulkanik ini juga diikuti oleh tremor vulkanik. Badan Nasional Penanggulangan Bencana pun merekomendasikan warga untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 2,5 km dari kawah Tompaluan.

Kepala BNPB Syamsul Maarif telah menginstruksikan kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sulawesi Utara untuk mengambil langkah-langkah penanggulangan bencana, termasuk menyiapkan lokasi-lokasi pengungsian yang sewaktu-waktu dapat digunakan apabila masyarakat harus mengungsi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, hingga saat ini Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan masyarakat belum perlu mengungsi.

Namun untuk wilayah yang sekiranya akan ditinggalkan masyarakat jika nantinya perlu mengungsi, PVMBG meminta TNI, Polri, dan tokoh pemuda setempat untuk berjaga-jaga guna menghindari kasus pencurian ketika rumah sedang ditinggal pemiliknya mengungsi.

Kepala BNPB juga sudah menginstruksikan kepada Tim Reaksi Cepat BNPB untuk memberikan pendampingan dalam penanganan darurat Gunung Lokon. BNPB sendiri telah menyerahkan dana siap pakai Rp400 juta dan mobil komunikasi kepada BPBD Sulawesi Utara.

Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana wilayah timur yang berpangkalan di Bandara Abdulrahman Saleh, Malang, beserta pesawat Hercules C-130, juga telah disiagakan. (umi)

Sumber :http://nasional.vivanews.com


Silahkan Tinggalkan Komentar :