Orang Terkaya RI Bicara Gaji Ideal Buruh

Orang kaya versi Forbes 2012, Chairul Tanjung

Jalurmaya.blogspot.com - CEO CT Corp, Chairul Tanjung, menilai usulan penetapan upah minimum provinsi DKI Jakarta sebesar Rp2,2 juta belum mengakomodir semua pihak, baik dari kalangan pengusaha maupun buruh.

Chairul menjelaskan, usulan UMP tersebut tidak sesuai karena para buruh menginginkan penghasilan dinaikan menjadi Rp2,7 juta, atau sesuai kebutuhan hidup layak. Di sisi lain, para pengusaha menilai UMP sebesar Rp2,2 juta tidak ideal dengan kemampuan perusahaannya.

"Jadi, belum ketemu selalu terjadi dalam masa-masa 2-3 tahun ke depan, sampai keseimbangan yang baru," ujar pengusaha yang juga menjabat Ketua Komite Ekonomi Nasional tersebut di kantornya, Jakarta, Selasa 20 November 2012.

Diakui CT, sapaan Chairul Tanjung, upah buruh memang harus dinaikan di tengah transformasi ekonomi Indonesia yang beralih dari sumber daya alam dan upah buruh murah menuju ekonomi berbasis sumber daya manusia handal.

Persoalannya saat ini, perlu ada pengkajian matang mengenai besaran kenaikan upah buruh yang ideal bagi para buruh.

Untuk saat ini, diakui CT, masih banyak perusahaan yang tak mampu memenuhi upah minimum bersandarkan standar hidup yang layak. Belum lagi, jika pengupahan diputuskan tanpa membedakan sektor industrinya masing-masing.

"Sekarang tidak mungkin standar hidup layak langsung diterapkan upah minimal, itu banyak yang tutup pabrik-pabrik sekarang," kata dia.

Melihat kondisi tersebut, CT mengusulkan agar penyesuaian gaji pekerja dibuat secara bertahap. Dengan target utama upah minimum yang sesuai dengan standar hidup layak pekerja.

"Tinggal berapa tahunnya. Mau dua, tiga atau lima tahun. Tapi menurut saya, menuju ke sananya (sesuai standar hidup layak) harus," ujar CT. (asp)


Silahkan Tinggalkan Komentar :